Apa Yang Dimaksud Dengan Islam Syumul?

| |

Islam syumul artinya Islam yang lengkap. Kelengkapan atau kesempurnaan Islam itu meliputi aspek akidah, syariah, dan akhlak.

Islam merupakan agama yang lengkap atau syumul, memberi panduan ke arah kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat.

Baca juga: Dua Pengertian Islam

Ajaran Islam yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad saw, adalah puncak dari wahyu Allah yang telah mengalami proses perkembangan sejak zaman Adam as.

Oleh karena itu, setelah Nabi Muhammad saw. Allah tidak mengutus lagi nabi atau rasul.

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan nikmat-Ku, dan Kuridai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al-Maidah: 3)

Agama Islam memberi bimbingan ke arah kesempurnaan jasmani dan rohani. Dalam aspek rohani, Islam mengenalkan akidah yang lurus, yaitu mentauhidkan Allah.

Kemudian di ikuti dengan cara pengabdian hanya kepada-Nya, sebagai pernyataan terima kasih dan syukur atas limpahan karuniaNya. Allah menjelaskan dalam firman-Nya,

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat: 56)

Dua Jenis Ibadah

1. Ibadah Khusus

Yaitu ibadah-ibadah pokok seperti shalat, puasa, zakat, haji, berdoa, berzikir, iktikaf di masjid, dan lain-lain. Cara-cara melaksanakan semua itu dijelaskan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah.

2. Ibadah Umum

Yaitu meliputi segenap aspek kehidupan umat manusia, baik yang menyentuh kehidupan individual, keluarga, masyarakat, atau negara dengan syarat dilaksanakan atas dasar akidah keimanan kepada Allah dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Penerapan Islam Syumul

Jelasnya dalam Islam, bukan ibadah dzohir untuk diri pribadi maupun sosial saja, namun diatur juga hal-hal mengenai ekonomi, pemerintahan, politik sosial, dan sebagainya.

Itulah pengakuan dan ketundukan kita kepada Allah SWT sebagai Robbul’alamin atau pengatur alam semesta termasuk segala isi dan kehidupan yang ada di dalamnya.

“Dia menurunkan Al Quran di dalam bulan Romadhan, sebagai petunjuk bagi manusia, penerangan dan furqon. (Qs. Al-Baqarah: 185).

Dari dalil di atas, Al Qur’an itu petunjuk bagi seluruh manusia di muka bumi sehingga bisa tercapai yang namanya Islam Rahmatan lil ‘alamin. Namun, kebanyakan manusia ingkar dengan menolak kebenaran sehingga tersesat dalam berbagai kepercayaan dan agama selain Islam.

Demikian penjelasan secara ringkas mengenai Islam yang syumul, yaitu agama yang memberi panduan ke arah kesempurnaan hidup di dunia dan akhirat.

Previous

Doa Tobat Nabi Adam AS

Penjelasan Hadits Adab dan Akhlaq Bulughul Maram: Keutamaan Akhlak Mulia.

Next

Tinggalkan komentar